===

loading...
Loading...

SUARABMI.ID - Penyebaran virus corona baru (COVID-19) telah membuat berbagai kegiatan harus ditangguhkan dan dipikirkan ulang. Pusat Komando Epidemi Taiwan (CECC) pada tanggal 11 Maret lalu pun mengumumkan, terkait dengan pemeriksaan kesehatan rutin bagi para pekerja migran asing yang memiliki batas waktu hingga sebelum tanggal 31 Mei 2020, kini akan diperpanjang hingga 3 bulan (31 Agustus) untuk seluruh kelengkapannya. Kementerian Tenaga Kerja (MOL) juga akan terus bekerja sama dengan unit-unit terkait untuk memberikan informasi terbaru.

Dilansir dari China Times, kegiatan “Pemeriksaan Kesehatan bagi Pekerja Asing” yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan menyatakan bahwa pihak majikan atau pengusaha harus mempersiapkan para pekerja asingnya untuk melakukan tes atau pemeriksaan kesehatan setelah 3 hari sampai di Taiwan, setelah 6 bulan bekerja, setelah 18 bulan, dan 30 bulan setelah masuk ke Taiwan.
[ads-post]
Pihak pengusaha atau majikan juga harus membantu para pekerja migran mereka agar dicek kesehatannya di rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan terkait. Berdasarkan UU Pelayanan Ketenagakerjaan, jika majikan tidak menjalankan hal tersebut, maka ia akan didenda sebesar $ 60.000 – $ 300.000 NTD, sementara ijin perekrutan pekerja asing juga akan ditangguhkan, baik sebagian maupun secara keseluruhan.

Terkait dengan adanya wabah coronavirus COVID-19, CECC pun mengumumkan bahwa para pekerja migran asing yang kini harus melakukan pemeriksaan kesehatan dengan jadwal sebelum tanggal 31 Mei 2020, diperbolehkan untuk melakukan penangguhan atau penundaan hingga 3 bulan ke belakang.

Kementerian Tenaga Kerja pun turut menegaskan, bagi mereka yang melakukan transit di Tiongkok, Hong Kong, atau Macau, wajib melakukan karantina selama 14 hari dan tes kesehatan yang seharusnya dilakukan dalam 3 hari setelah masuk ke Taiwan akan dilaksanakan dalam waktu 3 hari setelah karantina selama 14 hari selesai dilaksanakan.

nihaoindonesia. chinatimes

Medical Rutin TKI Taiwan Ditangguhkan Hingga Bulan Agustus, Yang Waktunya Medical Jangan Panik, Saat Ini Ditiadakan

Diberdayakan oleh Blogger.