===

loading...
Loading...

SUARABMI.ID - Kementerian Tenaga Kerja Taiwan pada hari Jumat kemarin (20 Maret) menyarankan pengusaha/ majikan untuk memperbarui kontrak pekerja Indonesia mereka saat ini atau mencari pekerja dari negara-negara Asia Tenggara lainnya karena Jakarta telah melarang ekspor tenaga kerja karena coronavirus Wuhan (COVID-19) ).

Langkah-langkah penangguhan Indonesia mulai berlaku pada hari Jumat, sebagaimana dilaporkan ETtoday, menyebabkan kekhawatiran di kalangan pengusaha di Taiwan yang bergantung pada warga negara Asia Tenggara untuk pekerjaan pabrik serta perawatan sosial.

Untuk mengatasi kekhawatiran akan virus korona, pengusaha harus mengandalkan pekerja yang sudah ada di Taiwan dan memperbarui kontrak mereka atau mencari pekerja baru yang saat ini sudah ada di Taiwan, kata Kementerian Tenaga Kerja.
[ads-post]
Menurut statistik resmi, Taiwan saat ini ada total 276.000 pekerja dari Indonesia, atau 38 persen dari total keseluruhan TKA. 200.000 pengasuh Indonesia di Taiwan merupakan sekitar 70 persen dari total pengasuh asing yang ada, sementara 9.000 orang Indonesia berjumlah 70 persen dari 12.000 pekerja perikanan asing di Taiwan.

65.000 pekerja pabrik Indonesia hanya menempati 15 persen dari 439.000 karyawan industri asing, dengan warga negara Vietnam, Thailand, dan Filipina menduduki sebagian besar.

Pekerja formal industri asing yang mencapai batas maksimum 12 tahun untuk bekerja di Taiwan dan pengasuh yang mencapai batas 14 tahun akan diizinkan untuk memperpanjang masa tinggal mereka di Taiwan selama tiga bulan selama wabah koronavirus masih berlangsung.

Bagi TKI yang saat ini ada di Taiwan, walaupun masih bisa pulang, kalau ada keinginan bekerja di Taiwan kembali, lebih baik untuk tidak pulang karena kondisi Indonesia yang belum jelas dan juga aturan baru yang tiba – tiba mendadak.

focustaiwan

Karena Indonesia STOP Pengiriman TKI, Kementerian Tenaga Kerja Taiwan Minta Majikan Perbarui Kontrak Kerja TKI yang Sudah Ada atau Ambil TKA Dari Negara Lainnya

Diberdayakan oleh Blogger.