===

loading...
Loading...

SUARABMI.ID - Angka Orang Dengan Resiko (ODR) virus Corona (Covid-19) naik signifikan di Kabupaten Ponorogo. Bahkan, kini mencapai 3 kali lipat ketimbang sebelumnya.

Bila pada 6 Maret lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo merilis 62 di Kabupaten Ponorogo ODR Corona. Kini jumlah bertambah  163 orang, atau menjadi 225 orang. Dinkes pun kini intens melakukan pengawasan terhadap ODR yang mayoritas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini. Ia mengatakan, kenaikan ini disebabkan banyaknya TKI atau warga yang baru pulang dari luar negeri di Ponorogo, selama periode 1 Januari hingga 12 Maret ini. "Sampai hari ini 255 orang yang dipantau. Yang sudah selesai pemantuan itu 180 orang, 75 orang belum. 225 orang ini kategorinya ODR," ujarnya, Jumat (13/3).

Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini mengungkapkan, proses pemantuan hingga 14 hari kedepan. Namun sementara ini pihaknya belum menemukan tanda-tanda flu pada 180 ODR yang telah terpantau ini "Tidak ada gejala flu sama sekali. Flu saja tidak ada. Mudah-mudahan aman," ungkapnya.
[ads-post]
Lebih jauh, untuk mengantisipasi terjadinya positif Corona di Ponorogo. Pihaknya, akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan Corona. Tim gabungan ini sendiri, dari Dinkes, RSUD dr Harjono, Dinas Perhubungan (Dishub), Polres, dan lain lain. "Satgas lengkap tidak hanya Dinkes, satu sampai dua hari kedepan sudah  bisa di SK kan bupati. Hal ini untuk antisipasi kalau ada yang positif. Kita cepat menanganinya. Apalagi dari laporan di Fasilitas Kesehatan (Fasskes) kita keluhan flu saat ini sedang meningkat," jelasnya. 

Sementara di Surakarta sudah dikelaurkan status KLB (kejadian luas biasa) Korona dan kegiatan umum sudah dilarang, seperti CFD ditiadakan, Sekolah diliburkan dari 14 Maret dan semua kegiatan yang melibatkan banyak orang dilarang.

Sementara hingga kemarin (14/3) sudah ada 69 orang positif korona di Indonesia dengan 3  orang di nyatakan meninggal dunia.

Masyarakat diharapkan tetap tenang menghadapi korona dan tetap menjaga wudlu atau cuci tangan dalam kegiatan apapun.

sumber: realita.co/ kompas.com

Di Ponorogo Ada 225 ODR Corona, Mereka Adalah TKI yang Pulang Kampung dan Cuti Dari Luar Negeri

Diberdayakan oleh Blogger.