====

JANGAN LUPA INSTAL APP SUARA BMI DI PLAY STORE ATAU MELALUI LINK INI - BACA BERITA LEBIH RINGAN, MUDAH DAN CEPAT UPDATE ===>> APP SUARA BMI, atau WhatsApp

===

loading...
Loading...

SUARABMI - Pemerintah lewat kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) bakal mencabut subsidi untuk elpiji 3 kilogram (kg).

Komoditas energi rumah tangga ini bakal dijual sesuai dengan harga pasar. Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menyampaikan, harga jual Elpiji 3 kg mengikuti tabung non subsidi seperti 12 kg.

Mengutip laman Pertamina, harga Elpiji 12 kg Rp 139.000 atau Rp 11.583 per kg. Jika demikian, maka harga Elpiji 3 kg menjadi Rp 34.749 per tabung atau lebih tinggi dari harga subsidi di bawah Rp 20.000.

Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM  yang berhak menerima subsidi beserta skemanya.

"LPG ini tantangan kita di 2020, secara prinsip sektor terkait setuju LPG 3 kilogram secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak. Ini persiapan subsidi langsung pada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini pertengahan tahun bisa diterapkan," kata Djoko, di kantornya, Selasa (14/01/2020).
[ads-post]
Djoksis, panggilannya, menerangkan, pihaknya sudah punya tiga kriteria penerima subsidi. Pertama, akan ada 15 juta masyarakat yang menerima subsidi, kriteria kedua 20 juta, dan terakhir 25 juta. Namun belum bisa dipastikan kriteria mana yang akan diambil karena masih dalam proses pembahasan siapa saja yang benar-benar berhak.

Berdasarkan survei yang dilakukan, rata-rata masyarakat miskin mengkonsumsi tabung melon sebanyak tiga tabung dalam sebulan. "Apakah subsidi tiga tabung, begitu tabung keempat sudah tidak [subsidi]," kata Djoksis belum bisa memastikan.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, apabila implementasi ini bisa diterapkan sejak Januari 2020 semestinya akan menghemat 30% subsidi, namun karena akan diterapkan pertengahan tahun subsidi bisa dihemat sekitar 10-15%.

Skema yang dipertimbangkan beragam, bisa memakai QR Code sehingga saat membeli sejumlah tiga tabung gas nanti subsidi Rp 100.000 akan langsung ditransfer ke rekening penerima subsidi. Selain itu, sedang dihitung berapa rata-rata kebutuhan para warga yang berhak terima subsidi dalam sebulan.

Sementara kalau skema ini diterapkan, banyak keluarga TKI yang tak akan mendapat subsidi karena kelaurga TKI tergolong kelaurga kaya dengan penghasilan diatas rata - rata.

Subsidi Dicabut, Harga Gas LPG 3kg di Indonesia Bakal Naik Drastis Menjadi 35.000 per Tabung - Kelaurga TKI Gak Bakal Dapat Subsidi

Diberdayakan oleh Blogger.