====

JANGAN LUPA INSTAL APP SUARA BMI DI PLAY STORE ATAU MELALUI LINK INI - BACA BERITA LEBIH RINGAN, MUDAH DAN CEPAT UPDATE ===>> APP SUARA BMI, atau WhatsApp

===

loading...
Loading...

SUARABMI - PONOROGO merupakan salah satu kabupaten yang mengirim TKI lumayan besar. Berdasar informasi dari PJTKI Teguh Agency saja misalnya, eks TKI yang bergerak di bidang usaha kreatif masih di bawah 10 persen. Dan itu mayoritas masih bergerak di perdagangan antara lain mracang, pakaian, toko material bangunan dan katering.

Minimnya eks TKI yang melakukan kegiatan ekonomi kreatif, menjadi bagian realitas bahwa pendidikan pasca TKI belum dilakukan secara masif oleh pemerintah sehingga orientasi mereka akan kembali ke luar negeri lagi dan lagi. Kalau pun tidak, kebanyakan kembali ke pekerjaan semula yang kebanyakan bidang pertanian.

Sementara, dilihat sekelebatan mata, eks TKI Ponorogo masih cenderung lebih mengutamakan pembangunan rumahnya daripada fokus mencari modal untuk usaha mandiri.

Setelah turunnya Dana Desa, modal usaha bisa diambil dari itu, melalui unit BumDesa yang diatur rinci dalam Peraturan Desa. 
[ads-post]
Ini menjadi solusi masyarakat yang kreatif sesuai kompetensi. Pada dasarnya semua manusia punya potensi, tinggal bagaimana momoles dan memberi fasilitas mereka untuk berkembang. Kompetensi bisa dimunculkan berdasarkan potensi yang dimiliki dengan masifnya pelatihan keterampilan terarah.

Potensi eks TKI ini seharusnya menjadi garapan serius kolaborasi pemerintah daerah dan pemerintah desa untuk memberikan pelatihan khusus dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga mereka mempunyai orientasi untuk lebih berdaya.

Setelah kompetensi dan orientasi mereka terbangun, selanjutnya membuka ruang unit BumDesa baru yang sesuai bidang kompetensi garapan, diberi pemodalan dan pendampingan khusus agar usaha yang dikembangkan bisa berjalan sesuai dengan target merintis dan mengembangkan ekonomi kreatif untuk menjadi lahan penghasilan bagi masyarakat.

Penguatan UMKM yang dikonversi menjadi unit BumDesa akan menjadi gerakan ekonomi kreatif baru untuk masyarakat. Dampak ekonomi perlahan akan dirasakan oleh masyarakat sehingga kesejahteraan secara nyata.

Penulis, Hary Prasetyo, LPM Oase Nusantara

Eks TKI Berdaya, Kekuatan Ekonomi Baru di Desa - Tanpa Mereka Pasti Loyo

Diberdayakan oleh Blogger.