SUARABMI.COM - Ada beberapa TKI yang sewaktu di Taiwan menjadi kaburan, pulang ke Indonesia melalui bandara Juanda Surabaya, paspor mereka disita oleh petugas imigrasi.

Mereka digiring ke dalam ruangan dan entah apa alasannya, beberapa paspor tak dikembalikan lagi seperti yang dialami oleh Vivie, Hartati dan Purwati, pada tanggal 26 Maret kemarin.

Mbok Cikak pun marah atas tindakan imigrasi Juanda yang semena - mena ini dan berpesan kepada TKI agar tidak menyerahkan paspor mereka ke Imigrasi.

"Ini pesen untuk teman - teman swasta yang pulang ke tanah air, khususnya yang jurusan surabaya, tolong jikalau paspor kalian diambil atau diminta oleh petugas imigrasi di Surabaya, jangan dikasih" Pesan Mbok Cikrak.
[ads-post]
Menurut Vivie, mereka digiring ke dalam imigrasi karena paspornya bermasalah. Mereka di suruh pulang dan meninggalkan paspornya.

"Kalau sudah dikasih, itu tidak mungkin bisa diminta lagi. Kalian harus tahu alasannya kenapa paspor diminta? Namanya paspor itu punya kita jangan sampai diminta sama orang lain" Kata Mbok Cikrak.

Jadi jika kalian adalah kaburan atau swasta dan pulang ke Indonesia, jangan pernah kasih paspormu ke petugas imigrasi. Jika mereka ngeyel mau minta, tolaklah karena itu identitas kamu.

Jika kamu menyerahkan paspormu, suatu saat jika kamu ingin kembali bekerja diluar negeri, kamu akan kesusahan karena kehilangan paspor.
[youtube src="uVVnUtMEJuM"/]

Pesan Penting Untuk TKI yang Pulang Melalui Surabaya, Jika Paspor Diminta di Juanda Jangan Dikasih

Diberdayakan oleh Blogger.
close