SUARABMI.COM - Gempa bumi dengan kekuatan yang mencapai sekitar 5,2 Skala Ritcher (SR) dilaporkan mengguncang Kabupaten Taitung, wilayah bagian tenggara Taiwan pagi ini.

Menurut laporan Biro Cuaca Pusat (CWB) Taiwan, gempa yang terjadi pada pukul 10:32 pagi memiliki episentrum gempa yang terletak sekitar 43,7 kilometer (km) arah tenggara Balai Kota Taitung.

Gempa yang terjadi tergolong pada gempa dengan kedalaman yang dangkal yang tercatat pada kedalaman 21,3 km, berdasarkan data CWB Taiwan.

Intensitas gempa, yang mengukur efek sebenarnya dari gempa yang terjadi yang mencapai skala intensitas 4 dilaporkan menerpa Kabupaten Taitung.
[ads-post]
Sedangkan gempa pada tingkat intensitas 3 dilaporkan dirasakan oleh warga masyarakat yang bermukim di Kabupaten Pingtung.

Sementara guncangan gempak pada skala 2 terjadi di Kabupaten Hualien dan Kabupaten Kaohsiung, wilayah bagian selatan Taiwan.

Adapun tremor dampak gempa skala rendah yakni pada tingkat intensitas 1 dirasakan di Kabupaten Chiayi, Kota Tainan, Kabupaten Yunlin, Kota Chiayi, Kabupaten Nantou, dan Kota Taichung.

Terletak di sepanjang kawasan Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire), otoritas pemerintah Taiwan menggunakan skala intensitas 1 hingga 7, yang mengukur sejauh mana dampak gempa dirasakan di lokasi tertentu.

Hingga berita ini diturunkan, media setempat menyebutkan tidak ada cedera, korban jiwa maupun kerusakan properti publik yang dilaporkan pasca gempa berlangsung.

indogo

Gempa 5,2 SR Mengguncang Wilayah Tenggara Taiwan

Diberdayakan oleh Blogger.
close