SUARABMI.COM - Seorang pemuda pengangguran asal Kota Cirebon harus meringkuk di sel tahanan Polres Cirebon Kota karena diduga melakukan penipuan.

Pelaku penipuan yang diketahui berinisial TR ini mengaku Untuk memuluskan aksi penipuan itu, ia mengaku sebagai anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu).

Namun aksi penipuan polisi gadungan ini pun terbongkar sehingga TR ditangkap petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cirebon Kota.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, penipuan yang dilakukan TR bermula dari perkenalan dengan sejumlah korban di media sosial, salah satunya R. Kepada korban R, pelaku TR mengaku sebagai intel Polri yang bertugas di Polda Jabar.

"Korban R yang merupakan TKW (tenaga kerja wanita) percaya karena pelaku mengenakan seragam polisi. Akhirnya, mereka akrab,"
kata Roland saat ekspos kasus di Mapolres Cirebon Kota, Jumat (22/2).
[ads-post]
Dikutip dari Sindonews Jabar,aksi tipu-tipu TR berlanjut sampai empat bulan. Selama itu, TR sering meminjam uang kepada R. Lantaran percaya dan merasa sudah dekat dengan TR, korban R pun memberi pinjaman uang mencapai total 7 juta rupiah. 

"Namun akhirnya aksi penipuan TR terbongkar setelah korban curiga. Korban lantas melapor ke Satreskrim Polres Cirebon Kota. Tanpa kesulitan, pelaku ditangkap di rumahnya," ujar Kapolres.

Menurut penuturan Roland ,dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa seragam anggota Polri, sepatu, dan kartu anggota Polri palsu.

"Selain itu, kami juga mengamankan satu unit komputer yang dijadikan modus operasi pelaku secara online," tutur Roland.

Roland mengungkapkan, untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya, pelaku TR dijerat dengan Pasal 378 dan Pasal 263 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman hingga 12 tahun penjara.

"Kami masih mendalami kasus ini untuk mengungkapkan kemungkinan ada korban lain,"
pungkas Kapolres.

sindo

Menipu TKW Hingga Jutaan Rupiah Dengan Dalih Cinta, Polisi Gadungan Ini Ditangkap Polisi

Diberdayakan oleh Blogger.
close