SUARABMI.COM - MTR (Mass Transit Railway) di Hong kong merupakan salah satu sarana transportasi masal yang paling banyak digunakan warganya dan warga asing yang mengunjungi atau bertempat tinggal di Hong Kong.

Karena itulah, MTR dalam banyak hal selalu menjadi objek perhatian mulai dari kejahatan hingga upaya untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan dalam pelayanan.

Banyak sopan santun yang harus diikuti saat berada di Negeri Beton bekas Koloni Inggris ini agar keberadaan kita tidak emngganggu kenyamanan warga. Salah satunya berperilaku saat naik MTR.

Sebuah asosiasi Survey dunia bernama World Survey dalam laman resminya merilis informasi hasil survey mereka terkait 10 kebiasaan yang tidak disukai warga Hong Kong saat naik MTR.

Agar keberadaan kita tidak menciderai batas etiket dan kenyamanan warga Hong Kong, simak baik-baik 10 kebiasaan yang tidak disukai berikut ini :

1. Makan di kereta saat ramai (10%)
Di negara yang memprioritaskan ketenangan saat naik kereta, suara mengunyah tentu akan terdengar mengganggu. Tak hanya itu, bau yang dikeluarkan dari makanan tersebut juga tentu akan sangat mengganggu penumpang.

2.  Membiarkan sampah tergeletak (14,2%)
[ads-post]
Sampah plastik atau kaleng bekas yang tergeletak di sekitar stasiun akan sangat mengganggu dan membahayakan, terutama di jam-jam sibuk saat orang harus buru-buru mengejar kereta.

3.  Dandan di kereta (15,1%)
Produk kosmetik yang diaplikasikan saat di kereta bisa saja menodai pakaian penumpang lainnya. Belum lagi perilaku tersebut membuat penumpang lain melihat Anda berdandan di depan mereka.

4. Naik kereta dalam keadaan mabuk (15,4%)


Minum alkohol dan mabuk mungkin sudah menjadi hal biasa di Jepang. Namun, melangkah ke dalam kereta dalam keadaan mabuk dapat mengganggu penumpang lainnya.

5. Menggunakan smartphone saat berjalan (21,5%)

Berjalan sambil menggunakan smartphone tentu sangat mengganggu—tak hanya bagi orang Jepang—bagi siapa saja. Hal ini juga sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain, terutama saat melangkah di stasiun atau kereta.

6.  Memutar musik cukup keras (23,2%)

Lagi, orang Jepang menyukai ketenangan. Suara yang mengganggu kesunyian tentu akan sangat mengganggu. Meskipun Anda mendengar musik menggunakan headset, jika suaranya tetap terdengar ke luar, dapat mengganggu penumpang di sekitar Anda.

7. Berperilaku menyebalkan (34,3%)

Menolak memberikan jalan saat orang hendak masuk atau keluar kereta adalah perilaku yang sangat dibenci oleh orang Jepang.

8. Duduk yang tidak layak (34,5%)
Duduk dengan kaki yang terbuka lebar hingga mengambil ruang kursi yang berlebih terasa begitu menyebalkan bagi penumpang lain.

9. Berisik (36,9%)

Lagi, hal-hal yang mengusik ketenangan dapat mengganggu kenyamanan. Berbicara terlalu keras di telepon atau sesama penumpang lain, adalah hal yang dibenci orang Jepang saat di kereta.

10.  Penempatan tas dan bawaan (37,3%)

Etiket penempatan tas di kereta yang penuh sesak adalah hal yang perlu diperhatikan jika Anda tak ingin dibenci atau dicibir. Sekitar 66,2% responden merasa tas yang dipakai penumpang lain di punggung atau di bahu mengganggu kenyamanan mereka. Sementara, 9% tidak suka meletakkan barang atau tas mereka di kursi. Sebanyak 8,3% lainnya bahkan menyebutkan jika tas yang diletakkan di lantai kereta sangat mengganggu dan membuat frustasi.

Jangan Melakukan, 10 Perilaku yang Paling Dibenci Orang Hong Kong Saat Naik MTR

Diberdayakan oleh Blogger.
close