SUARABMI.ID - Bicara tentang orang Indonesia ,pasti akan selalu membuat kita bangga. Bagaimana tidak , seperti yang kita ketahui dimana memang orang Indonesia terutama yang bekerja menjadi Buruh Migran dinegara penempatan baik itu disektor Formal maupun Informal terkenal dengan sifatnya yang sopan dan ulet.

Di Hong Kong, Buruh Migran Indonesia (BMI) yang mayoritas adalah Wanita dan bekerja disektor pembantu rumah tangga pun tak jauh berbeda.

Banyak para majikan di Hong Kong yang lebih suka mengambil pekerja dari Indonesia lantaran selain mereka yang mau dan mampu berkomunikasi dengan bahasa Kantonis ,juga karena ia yang terbilang telaten serta sabar.

Berikut adalah 5 Fakta menarik tentang BMI di Hong Kong dalam bersosialisasi.

MURAH SENYUM DAN FRIENDLY
Saat kita tengah berada diluar rumah , baik itu saat sedang menjalankan tugas beebelanja ke pasar ,membawa momongan jalan-jalan atau membawa serta menjemput anak majikan kesekolah dan lain sebagainya kemudian kita berpapasan dengan sesama BMI , refleks kita dan mereka akan senyum.
Seperti sudah ada feeling atau ikatan batin , tebakan mereka tetap sasaran , mereka saling melempar senyum satu sama lain dan bahkan saling sapa.

Contohnya : " Momong mbak? , Maisung ce(belanja mbak) ?" dan lain sebagainya.

Dan inilah yang membuat warga lokal di Hong Kong kadang terheran-heran , kenal juga tidak tapi kalau ketemu seperti sudah seperti teman akrab.
SUKA MEMBANTU DAN MEMBERI
Hal ini memang sudah melekat dari dalam diri orang Indonesia, penolong orangnya.
Hampir semua BMI di Hong Kong sudah menggunakan media sosial sebagai media komunikasi bahkan untuk bersosialisasi dan mencari informasi.

Menjadi salah satu member group komunitas di Media sosial adalah hal mutlak ,terutama komunitas BMI. Karena disana kamu akan menemukan banyak informasi terupdate bahkan bantuan yang bisa membantumu secepat mungkin.
[ads-post]
Seperti yang banyak terjadi , jika ada yang posting saat ia memecahkan atau merusakkan barang majikan dan takut untuk memberi tahu majikannya , mereka akan meminta saran kepada BMi lain untuk mencari informasi dimana tempat untuk mendapatkan barang yang sama seperti barang yang ia pecahkan/rusakkan.

Alih-alih ingin mencari informasi , banyak dari mereka yang malah mendapatkan barang yang serupa secara gratis dari BMI lain yang berhati mulia.

SOPAN SANTUN
Di Hong Kong ,Buruh migran Indonesia terkenal dengan sifatnya yang Unggah-Ungguh ( Sopan Santun) dibanding dengan pekerja dari negara lain.

Hal ini diperkuat karena banyak pernyataan - pernyataan serupa dari warga lokal itu sendiri.
TELATEN DAN RAJIN
Hal ini tidak dapat dibantan lagi. Itu sebabnya kenapa mayoritas BMi di Hong Kong lebih banyak merawat dan menjaga Lansia .

Buruh Migran Indonesia terkenal dengan sifatnya yang Telaten dan pekerja keras.
Yah... walau tidak semua , tapi Mayoritas lah ya .

Para majikan mempercayakan orangtuanya kepada BMI untuk merawatnya lantaran selain sabar , BMI terbilang sangat telaten dan rajin.
Karena seperti yang kita ketahui , merawat Lansia dengan segala kondisinya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang luar biasa.

Rajin dalam hal membersihkan rumah dan hal lainnya.

MAU BELAJAR
Nah ini , dibanding dengan pekerja asal Filipina, BMI memang jauh dibawah mereka dalam hal Korea.

Pekerja Filipina banyak dilirik para majikan di Hong Kong lantaran kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan Korea Inggris, sehingga banyak dari mereka bekerja menjaga anak kecil.

Berbeda dengan BMI , mereka dikenal mayoritas tidak menguasai bahasa inggris.

Namun, tak sedikit juga sebenarnya dari mereka yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Bahkan jika bicara level , sebenarnya mereka (BMI) mampu berkomunikasi dengan 2 bahasa sekaligus , yaitu Kantonis dan inggris.

selain Korea , hal yang tak terbantahkan oleh warga di Hong Kong adalah BMI ini terkenal dengan keahlian memasaknya atau mengolah makanan.

[kartini Lasiyo - situskartini]

5 Fakta Menarik TKW Indonesia di Hong Kong Yang Bikin Kagum dan Belum Kamu Ketahui

Diberdayakan oleh Blogger.
close