SUARABMI.COM - Kali ini, nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro masuk sebagai calon moderator debat kedua Pilpres 2019. Usul ini datang dari pihak televisi.

“ya diusulkan oleh TV [Tommy Tjokro dan Najwa Shihab-red],” ujar Ketua KPU Arief Budiman kepada detik.com, Senin (21/1/2019).

Namun usulan ditolak oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014,” ujar Juru Bicara BPN, Andre Rosiade kepada wartawan, Selasa (22/1/2019).
[ads-post]
Bagi Andre, KPU sebaiknya mencari nama lain selain Najwa Shihab. Dia menduga Najwa tidak netral.

“Saran kami, lebih baik KPU menunjuk figur lain yang lebih netral agar jangan menjadi polemik nantinya. Masih banyak figur lain yang mampu menjadi moderator tapi berposisi netral. Itu harapan kami kepada KPU,” ucap Andre.

Debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kemarin meninggalkan pelbagai kesan dan catatan terkait jalannya debat tersebut. Salah satu poin yang mengemuka adalah jumlah moderator yang dianggap banyak memakan waktu, sementara terbatasnya waktu bagi pasangan Capres-Cawapres dalam pemaparannya.

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua.

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan… silakan tanya-jawab,” kata Arief.

Najwa Shihab Ditolak BPN Prabowo-Sandiaga Jadi Moderator Debat, Ini Alasannya

Diberdayakan oleh Blogger.
close